Arsene Wenger: Pot Dua Bisa Untungkan Arsenal

Aturan baru yang diterapkan UEFA terkait tim unggulan di fase grup Liga Champions membuat manajer Arsenal itu senang.


GOALOLEH   MOHAMMAD YANUAR     Ikuti di twitter


Drawing fase grup Liga Champions akan dilangsungkan beberapa jam lagi. Aturan baru juga akan diterapkan perihal pengundian dan penentuan tim yang mengisi pot unggulan.

Mulai musim ini, tim yang mengisi pot satu bukan lagi mereka yang menduduki peringkat koefisien tertinggi di rangking UEFA, melainkan juara liga dari delapan negara dengan kompetisi terbaik di Eropa.

Tim yang mengisi pot dua, tiga dan empat baru ditentukan melalui peringkat tertinggi di UEFA. Karena alasan itu, sejumlah tim kuat seperti Real Madrid, Manchester United dan juga Arsenal diposisikan di pot dua.

Bagi Arsene Wenger, aturan baru yang diterapkan UEFA itu bisa jadi menguntungkan bagi timnya.

"Saya tak merasa itu akan mengubah banyak hal. Penempatan tersebut hanya akan menempatkan tim yang lebih lemah di pot satu," ujar Wenger di laman Arsenal.

Bila melihat struktur dari grup, sambung Wenger, sejumlah tim mungkin merasa diuntungkan dengan berada di pot dua.

"Idealnya, Anda ingin berada di grup di mana Anda bisa memiliki peluang mengakhiri fase grup dengan berada di puncak klasemen, terlepas seberapa jauh Anda melangkah. Terkadang hal itu membantu secara mental apabila tidak terlalu jauh," lanjut Wenger.

"Sebelumnya, sekitar sepuluh atau 12 tahun lalu, fokus Anda lebih pada laga Liga Champions dan Anda tahu di Liga Primer, Anda bisa menjalani laga dengan mengistirahatkan satu atau dua pemain."

"Kita sekarang berada di situasi di mana semua tak ada bedanya antara Liga Champions dan Liga Primer, Anda hanya harus berusaha memenangi laga berikutnya," tegasnya.

Berada di pot dua, Arsenal berpotensi satu grup bersama Barcelona, Juventus, Paris St Germain dan Bayern Munich yang berada di pot satu.

 

 

Liga Champions >> Halaman Khusus Liga Champions

>> Semua Berita Liga Champions

>> Jadwal - Hasil - Klasemen Liga Champions

 

 

RESPECT dan FAIR PLAY. Mari berikan komentar yang sehat dan bermanfaat dalam kolom komentar yang telah kami sediakan.